Bergerak

Ramadhian Ekaputra
1 min readSep 4, 2020

Dalam hal memperjuangkan suatu nilai, visi merupakan patok penting. Suar penunjuk jalan yang menerangi pergerakan. Dimana nilai luhur terkandung mengutip Declaration des Droit de l’Homme “Kesamaan dan (hak) menentang penindasan adalah hak — hak asasi manusia yang berlaku sepanjang masa”. Melawan ego untuk memperjuangkan nilai keperikemanusiaan merupakan tantangan yang harus dihadapi tiap individu.

Dasar — dasar perikemanusiaan merupakan landasan penting. Perikemanusiaan akrab hubungan dengan prinsip Ketuhanan Yang Maha Esa. Karena prinsip inilah yang menjadi dasar memimpin ke jalan kebenaran, keadilan, kebaikan, kejujuran, dan persaudaraan. Pemikiran boleh revolusioner, namun terjebak terlalu lama di dalam romantisme revolusioner menimbulkan suasana penjungkirbalikan segala nilai, umwertung aller werte. Pemuda hendaklah mengedepankan kejernihan yang rasional dalam melihat dan memahami masalah yang dihadapi dan kejujuran etis dalam usaha untuk mengatasinya.

Bergerak merupakan panggilan hati. Hati yang selama ini bergetar melihat suatu hal yang harus diluruskan. Melihat dengan mata, mendengar dengan telinga, merasa dengan hati merupakan pendekatan yang diperlukan pemuda dalam bersosial masyarakat. Karena sesungguhnya hak — hak dasar manusia dalam bermasyarakat haruslah terpenuhi, “All human beings are born free and equal in dignity and rights”.

--

--